Panduan Lengkap Cara Unlock Bootloader Semua Tipe Xiaomi

Panduan Lengkap Cara Unlock Bootloader Xiaomi Terbaru - Xiaomi adalah Brand Smartphone yang memberikan smartphone dengan spesifikasi yang tinggi dan harga yang murah. Memang murah tetapi banyak yang menanyakan apakah build kualitas dari Xiaomi ini bagus ? Apa sebenarnya tujuan mereka membeli smartphone ini.

Tujuan terbesarnya adalah Unlock Bootloader.

Di artikel kali ini saya akan membagikan panduan lengkap cara unlock bootloader untuk seluruh seri Xiaomi terbaru mulai dari awal tahun 2016. Panduan lengkap untuk unlock bootloader atau UBL adalah panduan terbaru yang benar-benar bekerja dalam melakukan unlock bootloader ini.


Pengguna xiaomi pasti rata-rata tau apa sebenarnya fungsi dari UBL atau Unlock bootloader ini seperti :

  • Bisa Gonta-ganti Custom ROM, karena banyak sekali Developer Xiaomi yang menyediakan Custom ROM dengan fitur yang bagus sedangkan menggunakan Stock ROM yaitu MIUI itu terkenal Berat.

Bisa mendapatkan Akses Root, Pasang XPOSED, TWRP dan lainnya.

Bisa menggunakan Software Miflash dengan mudah, jika smartphone dalam keadaan belum UBL, untuk menggunakan MiFlash ini harus melakukan test point.

dan banyak lagi.

Pastinya setelah Unlock Bootloader ini ada kekurangannya yaitu :
Security pada smartphone Anda lemah sehingga bisa saja diganti dengan orang lain.
Mudah terserang Malware, tetapi bila sudah diganti ke Custom ROM mungkin tidak akan ada terkecuali Cara Penggunaan dari Usernya.

Tutorial ini bisa untuk seluruh seri Xiaomi mulai dari :

  • Redmi 3 Series
  • Redmi 4 Series ( 4A, 4X, Prime ).
  • Redmi Note 4 Series, Note 5 Series.
  • Redmi 6 Series ( 6A, 6, 6 Pro ).
  • Redmi 7 Series ( 7, Note 7 ).
  • Mi Series,  MI 5 Series, Mi6, Mi7, Mi8.
  • Dan seluruh Produksi Xiaomi Terbaru.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Terbaru


Untuk seri seri lama seperti Redmi 2 dan yang sejenis dengan smartphone Xiaomi itu mungkin mempunyai tutorial unlock bootloader yang berbeda. Perlu diketahui untuk meng unlock bootloader smartphone Xiaomi sekarang sudah tidak perlu memerlukan izin dari developer yang biasanya dikirim melalui SMS.

Tutorial untuk unlock bootloader yang sekarang cukup mudah sekali. Hanya dalam beberapa langkah saja sudah dapat melakukan unlock bootloader tetapi memiliki jangka waktu untuk melakukan finishing terhadap UBL tersebut. Bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan unlock bootloader ini bisa kalian download melalui beberapa di bawah ini.

Syarat UBL :

  • Menggunakan ROM Global, China, Stable atau Developer.
  • Mempunyai Akun MI
  • Memiliki Koneksi Internet

Bahan-Bahan :

  • Mi Unlock Tools
  • USB Driver ( Biasanya sudah ada di dalam Paket Mi Unlock Tools ).

Step Melakukan Unlock Bootloader


  1. Pertama kaitkan akun MI kalian ke smartphone Xiaomi kalian dengan cara masuk ke pengaturan lalu akun Mi dan login di form yang sudah disediakan.
  2. Kedua masuk ke tentang ponsel lalu klik beberapa kali MIUI VERSION sampai muncul Kata "Selamat anda sudah menjadi seorang Pengembang"
  3. Lalu kembali dan masuk ke Pengaturan Tambahan, scroll kebawah dan masuk ke Opsi Pengembang.
  4. Aktifkan OEM Unlocking & USB Debugging.
  5. Lalu klik Mi Unlock Status dan klik Hubungkan ( Bila sudah ada tanda Success artinya Anda sudah dapat memulai proses Unlock Bootloader )
  6. Kemudian buka Mi Unlock Tools yang sudah Anda download tadi.
  7. Setelah sudah terbuka Software Mi Unlock Tools masukkan Email/Nomor HP Akun Mi Anda beserta Paswordnya untuk Login.
  8. Setelah itu matikan smartphone dan Tekan tombol Volume Bawah + Power sampai masuk ke Mode Fastboot.
  9. Kemudian sambungkan smartphone Anda ke PC menggunakan USB Kabel.
  10. Jika pada Mi Unlock Tool sudah terkonek, Klik Unlock.
  11. Tunggu hingga proses Unlock Bootloader selesai ( Biasanya hanya memakan waktu 1-5 Menit saja ).

Bila Smartphone tidak terdeteksi silahkan Disable Signature PC terlebih dahulu atau Instal MI Usb Driver yang ada didalam Folder Mi Unlock Tools.

Jika ada peringatan "Couldtn't Unlock, After 360 Hours of trying to unlock the device" Maka Anda harus menunggu 360 Jam untuk bisa mengunlock Bootloader setelahnya, tetapi terkadang tidak sampai 360 Jam Anda bisa langsung UBL smartphone Anda atau pun Ada yang hanya mendapatkan peringatan Unlock setelah 72 Jam saja.

Dengan begitu Anda harus menunggu sesuai peringatan yang sudah ditetapkan di Mi Unlock Tool, tidak ada cara lain untuk mengelakkan peraturan tersebut.

Demikian artikel kali ini tentang cara Unlock Bootloader untuk semua smartphone Xiaomi Terbaru 2019, semoga dengan adanya artikel dapat membantu seluruh pengguna smartphone Xiaomi.

0 komentar

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan baik dan jelas serta sopan agar kami dapat menjawabnya dengan benar.